SATUAN ACARA PENYULUHAN TERAPI BERMAIN
SATUAN
ACARA PENYULUHAN
TERAPI
BERMAIN
Pokok
Bahasan :
Terapi Bermain Pada Anak
Sub Pokok Bahasan
: Terapi Bermain Anak Usia 3-4 Tahun
Tempat : Ruang
Waktu
: Selasa,9 Desember 2014
Sasaran
: Klien āSā Usia 3,5 Tahun
A.
TUJUAN
1.
Tujuan Umum
Setelah diajak bermain,diharapkan anak dapat mengembangkan aktivitas dan
kreativitas melalui pengalaman bermain dan beradaptasi efektif terhadap
lingkungan sekitar.
2.
Tujuan Khusus
Setelah diajak bermain selama 35 menit anak diharapkan :
A.
Dapat berinteraksi dengan sesama teman dan
perawat
B.
Dapat mengembangkan imajinasi
C.
Dapat mengembangkan motorik halusnya
D.
Dapat meningkatkan kreatifitasnya
E.
Mengungkapkan kegembiraan atau rasa senang
F.
Terlihat lebih rileks
G.
Kooperatif terhadap lingkungan sekitar
B.
PERENCANAAN
1.
Jenis program bermain
Mewarnai gambar dengan pensil warna/spidol/pantel/krayon pada kertas
gambar yang telah tersedia.
2.
Karakteristik bermain
a.
Melatih motorik halus
b.
Melatih kesabaran dan ketelitian
3.
Karakteristik peserta
a.
Usia 3-5 tahun
b.
Jumlah peserta : 1 anak dan didampingi orang tua
/ pengasuh
c.
Peserta kooperatif
4.
Metode : demonstrasi
5.
Alat yang digunakan atau media
a.
Kertas gambar yang siap diwarnai
b.
Alat untuk menggambar ( pensil warna / spidol /
pantel / krayon )
c.
Benang
d.
Penggaris
C.
TATA LETAK


Observer Pemandu


D. STRATEGI PELAKSANAAN
1.
Persiapan : 5 menit
a.
Menyiapkan ruangan
b.
Menyiapkan alat
c.
Menyiapkan peserta
2.
Pembukaan : 5 menit
a.
Perkenalan antara petugas dengan anak dan
keluarga
b.
Anak berkenalan
c.
Menjelaskan maksud dan tujuan
3.
Kegiatan : 20 menit
a.
Anak dimintai untuk memilih gambar yang ingin di
warnai yang sudah tersedia.
b.
Anak dianjurkan untuk mewarnai gambar dengan
warna yang disukai.
c.
Pasang benang sepanjang ±10 cm pada bagian atas yang di lubangi.
4.
Penutup : 5 menit
a.
Memberikan penghargaan pada anak atas hasil
karyanya.
b.
Merapikan alat dan tempat bermain.
E.
EVALUASI YANG DIHARAPKAN
a.
Anak dapat berinteraksi dengan sesama teman dan
perawat.
b.
Anak dapat mengembangkan imajinasi .
c.
Anak dapat mengembangkan motorik halusnya.
d.
Anak dapat meningkatkan kreatifitasnya.
e.
Anak akan mengungkapkan kegembiraan atau rasa
senang.
f.
Anak terlihat lebih rileks.
g.
Anak akan kooperatif terhadap lingkungan sekitar.
Mengetahui
Pembimbing praktik
(ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦ā¦.)
Comments
Post a Comment